Friday, May 10, 2013

SEPUTAR BBM HADIST DI AWAL RAJAB


Perkembangan teknologi informasi memungkinkan kita mengetahui banyak hal. Inforamasi di sekitar kita dari yang paling dekat sampai di belahan dunia lain hilir mudik di depan mata kita, mudah diakses hanya dengan membuka sarana atau alat komunikasi yang kita punya.

Memasuki bulan rajab ini saya banyak menerima broadcast messangger  yang sedang marak terjadi adalah adanya broadcast messanger yang mengutipkan hadist perihal amalan puasa di bulan rajab. Dan celakanya orang-orang yang membaca tidak jeli dan kritis dengan menanyakannya pada ulama, tapi malah justru langsung menyebarkannya.

Hal ini tentunya sangat berbahaya. Kita tidak hanya menjerumuskan diri kita pada amalan yang sesat, tetapi kita juga terlibat untuk ikut menyesatkan saudara kita. Dari sekian banyak hadist, bisa jadi hadist itu masuk kategory dhoif/lemah, dan lebih celaka lagi jika hadist yang kita sebar adalah hadist palsu.
Berikut ini yang saya dapatkan dari millist sebelah, mohon jika berkenan bisa dishare

بِسْــــمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
Sehubungan dg maraknya ajakan shaum di bulan rajab, Benarkah dicontohkan oleh Nabi kita…
Adalah benar ada hadits 4 buah hadits yg saya temukan ttg puasa di Bulan Rajab, yaitu:
1. Barang siapa yg berpuasa sehari pd Bulan Rajab, (ganjarannya) sama dg berpuasa sebulan. (HR Al-Khathiib dari Abi Dzar).
Penjelasan:
Hadits ini sangat dla’iif (lemah) shg tdk bisa dijadikan dasar utk melakukan ibadah.
2. Barang siapa yg berpuasa 3 hari pd bulan Rajab, dituliskan baginya (ganjaran) puasa satu bulan. Dan barang siapa yg berpuasa 7 hari pd bulan rajab maka Allah tutupkan daripadanya 7 buah pintu dari pintu2 api neraka. Dan barang siapa yg berpuasa 8 hari pd bulan rajab, maka Allah membukakan baginya 8 buah pintu dari pintu2 surga. Dan barang siapa yg berpuasa pd tengah bulan rajab maka akan menghisab DIA dg hisab yg sgt mudah. (HR Asy-Syaikh)
Penjelasan:
Hadits ini palsu. Jd tdk bisa dijadikan dasar utk melakukan ibadah.
3. Barang siapa yg berpuasa satu hari pd bulan rajab, dan bangun pd malam harinya (melakukan shalat malam), maka Allah akan membangkitkan dia pd hari kiamat dlm keadaan aman, dan dia berjalan di atas shirath dlm keadaan tahlil dan bertakbir.
Penjelasan:
Hadits ini palsu.
4. Barangsiapa yg menghidupkan satu malam dari bulan Rajab (melakukan shalat malam) dan berpuasa padanya satu hari, maka Allah memberi makan kepadanya dari buah2an surga. (HR Husein)

Penjelasan:
Hadits inipun palsu.
Kesimpulan:
Tidak ada keterangan yg sah bahwa Nabi melaksanakan puasa sunah spt hadits2 di atas.
Jd kalo mau puasa mah, ya senin+kamis, atau puasa daud, atau puasa 3 hari di pertengahan bulan hijriyah saja Itu dalilna shahih.
Hati - hati Bidah yang tidak pernah dilakukan nabi Muhamad, dan berhati-hatilah jika kita menyebarkan paham kalo tidak ada dalil yang kuat.....

Pengingat : Jika mendapatkan Broadcast messanger terkait hadist, langkah bijak kita adalah mengkonsultasikannya dengan ulama, jangan langsung diforward. BERBAHAYA.

No comments:

Post a Comment