Thursday, May 2, 2013

Bagaimana Membuat Bisnis Bimbel Online?

Semakin cepatnya perkembangan teknologi internet membuka peluang bagi masuknya model bisnis online. Dari mulai toko pakaian online, pemesanan tiket online, hingga bimbingan belajar (bimbel) online. Ya, bimbel sudah menjadi kebutuhan primer bagi pelajar masa kini yang semakin ketat bersaing memperebutkan sekolah dan universitas favorit. Kecanggihan teknologi internet menjadikan peluang bisnis bimbel semakin terbuka luas dan menjanjikan.
Sony Sugema, Bimbelkita.com, dan Bimbelkoe.com adalah beberapa contoh bimbel yang menyediakan metode bimbel online. Anda pun bisa memulai bisnis bimbel online dari skala kecil. Memulai bisnis bimbel online tak serumit yang dibayangkan. Berikut langkah membuat bisnis bimbel online.
Riset pasar. Lakukan riset pasar untuk bisnis bimbel dengan mata pelajaran yang Anda kuasai atau yang memiliki akses mudah mendapatkan pengajar. Jika pasar tersebut memiliki kompetisi yang ketat, pertimbangkan bagaimana Anda akan berkompetisi. Misalnya, mungkin bimbel online Anda menawarkan jam yang lebih fleksibel atau menyediakan asisten pribadi bagi siswa yang mungkin tidak ditawarkan oleh pesaing.
Buat detil rencana bisnis. Tentukan tujuan bisnis dalam pernyataan misi bimbel. Gambarkan apa yang akan Anda butuhkan dan bagaimana Anda mengoperasikan bisnis secara detil. Tentukan jam bimbel. Buat analisis pasar, kompetisi, dan strategi pasar. Karena pasar online sangat besar, Anda harus memperlihatkan bisnis bimbel Anda memiliki kualitas dan keahlian yang tak diragukan.
Sewa kantor kecil atau buat kantor kecil di rumah. Bimbel online seperti halnya bisnis online yang membutuhkan internet dan layar komputer. Lengkapi kantor kecil Anda dengan komputer, internet dengan akses berkecepatan tinggi, printer, dan buku referensi untuk materi bimbel.
Tingkatkan kualifikasi. Mengikuti kursus, seminar, dan workshop bisa meningkatkan keahlian Anda demi memberikan pelayanan terbaik bagi para siswa.
Buat website interaktif. Anda bisa bekerja sama dengan web designer untuk membuat website interaktif. Tentukan secara detil layanan, metode dan keahlian pada situs web bimbel Anda. Buat forum dan blog untuk meningkatkan interaksi di situs web. Berbagai tips dan strategi belajar bisa menjadi daya tarik bagi pengunjung datang ke situs web Anda. Jangan lupa selalu perbarui kontennya.
Buat akun untuk program online messenger. Akun tersebut akan mempermudah Anda berinteraksi dengan siswa secara real time. Anda dapat membuat akun online messenger misalnya di Yahoo! Messenger atau sistem yang lebih terintegrasi. Yang paling penting, pastikan sistem tersebut dikenal dan secara efektif digunakan oleh Anda dan siswa.
Iklan. Agar bimbel online Anda diketahui pasar, pasanglah iklan di forum online atau di situs web yang menyediakan informasi pendidikan dan pembelajaran. Anda juga dapat langsung menawarkan layanan bimbel Anda ke sekolah-sekolah.
Selamat mencoba!
Sumber: Ehow.com

No comments:

Post a Comment

Post a Comment