Monday, May 13, 2013

Ekonomi Bagian dari Peraturan Islam



Ekonomi adalah bagian dari tatanan Islam yang perspektif. Islam meletakkan ekonomi pada posisi tengah dan kesimbangan yang adil dalam bidang ekonomi keseimbangan diterapkan dalam segala segi imbang antara modal dan usaha, antara produksi dan konsumsi, antara produsen perantara dan konsumen dan antara golongan – golongan dalam masyarakat.
Norma menengah yang paling menonjol dalam lapangan perekonomian terletak pada dua sendi
1.       Pemahaman  Islam tentang kedudukan harta. Islam adalah agama tengah – tengah antara agama aliran dan filsafat yang menerangi segala bentuk kehidupan dunia yang baik – baik dengan aliran yang materalistis yang menjadikan harta sebagai tuhan yang disembah dan bahwa kehidupan ini hanya untuk dunia (hedonisme)
2.       Pemahaman Islanm terangkan hak individu. Islam berdiri di antara kelompok yang mengakui hak individu sehingga seseorang menganggap harta itu hak miliknya secara mutlah, dan kelompok yang memerangi hak tersebut. Kelompok yang terakhir ini menganggap pemilikan harta secara individu adalah sumber kejahatan dan penindasan dalam masyarakat sehingga mereka berusaha menghapuskannya sekuat tenaga.

No comments:

Post a Comment