Monday, May 26, 2014

PRACTICAL MARKETING RESEARCH untuk PENETRASI PASAR

Limited Seat
 
Pelatihan Intensif Dua Hari, Batch ke 41
PRACTICAL MARKETING RESEARCH untuk PENETRASI PASAR
Menentukan, Mengukur, Menganalisis serta Implementasi ke dalam Action Plan
 
Workshop Leader: Dr. Freddy Rangkuti MSc (MD FRAI Marketing)
Jakarta, 12 dan 13 Juni 2014
 
Bersama Dr. Freddy Rangkuti (Pakar Strategi Bisnis dan Marketing Indonesia)
 
Dr. Freddy Rangkuti is one of Indonesia experts particularly at Strategic Business and marketing. He has been involved with lot of experience researches, as a trainer and consultant partner for more than 20 years, either in or aboard. He also had joined with various multinational and local company such as, PLN, TELKOM, CALTEX, KELOMPOK KOMPAS GRAMEDIA (KKG),TRANS GROUP, PT. SMART Tbk, ICON +, Indonesia Power, ASTRA OTOPARTS, PT. Semen Gresik (Persero) Tbk,  LG Indonesia, ADB, Swisscontact, PERSI (Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia), Pemerintah Daerah, BUMN, and any other private company (telco, banking, property, electronics, multimedia, education, hotel). He writes 26 best seller books that published by Gramedia Group. Three  of  them are “Riset Pemasaran” (10TH Edition), “Business Plan” (9thEdition), “SWOT Analysis” (17th Edition).
 
Latar Belakang
Kegagalan suatu produk seringkali ditimbulkan karena kurang tajamnya informasi pemasaran yang dibutuhkan. Informasi mengenai pasar, konsumen, pesaing dan stakeholders merupakan informasi – informasi yang sulit difahami oleh sebuah perusahaan.
 
Marketing Research untuk Penetrasi Pasar merupakan kegiatan yang sangat penting untuk memperoleh informasi mengenai persaingan, tingkat persaingan, customer dan company dalam proses pengambilan keputusan, sehingga perusahaan dapat meningkatkan penjualan dan merebut market share. Pelatihan ini di desain secara khusus untuk berbagai jenis industri, sehingga peserta tidak hanya dilatih untuk mengetahui cara pengambilan data saja, tetapi mampu menentukan indicator penting, mengukur, menganalisis, menginterpretasi, serta mengimplementasikannya ke dalam program – program action plan.
 
Manfaat Pelatihan:
Manfaat yang akan diperoleh dari pelatihan ini adalah peserta dapat menguasai:
1.     Cara pengukuran dan system evaluasi dengan metode yang cepat dan sistematis sehingga perusahaan dapat mencapai visi dan misi yang telah ditetapkan sesuai dengan nilai – nilai yang dimiliki perusahaan.
2.     Melakukan Penetrasi Pasar dalam meningkatkan penjualan dan market share.
3.     Mengukur tingkat loyalitas pelanggan serta membandingkannya dengan tingkat kepuasan dan loyalitas pesaing.
4.     Meningkatkan brand equity melalui program customer value preposition
5.     Meningkatkan keunggulan bersaing
6.     Mengukur profitabilitas customer sehingga perusahaan dapat menyusun strategi yang tepat untuk masing- masing segmen customer dari yang profitabilitasnya paling tinggi sampai rendah. Tujuannya adalah untuk optimalisasi return kearah yang lebih optimal dan efisien. Dengan mengetahui profitabilitas customer perusahaan dapat meningkatkan frekuensi konsumsi sehingga dapat meningkatkan cost efisiensi, tanpa harus banyak mengeluarkan biaya untuk mencari pelanggan baru.
 
Keuntungan lain dari mengikuti pelatihan ini, peserta mampu mengukur dan memantau kinerja atau tingkat keberhasilan suatu program, sehingga akan mudah diketahui dan dievaluasi di bagian mana manajemen harus segera mengambil tindakan untuk mengatasi masalah yang akan muncul. Teknik ini digunakan untuk menunjang kelancaran bisnis perusahaan dan proses manajemen yang dilakukan.
 
Pengukuran tingkat keberhasilan suatu program dapat dilakukan berdasarkan kombinasi berbagai alat yaitu evaluasi terhadap data historis dengan membandingkan rencana dan realisasi pada waktu program telah selesai dilakukan,  serta hasil marketing riset untuk melakukan penetrasi pasar. Caranya adalah dengan mengetahui data cross sectional pada waktu program sedang berjalan maupun program yang akan dijalankan.
 
Dengan melakukan marketing riset untuk penetrasi pasar ini, kita dapat mengetahui sejauh mana respon pasar terhadap produk dan jasa yang kita miliki, yaitu dengan cara melakukan analisis terhadap kondisi pasar, analisis customer, dan analisis pesaing. Tujuannya adalah untuk menciptakan pertumbuhan penjualan, peningkatan market share, serta memaksimalkan revenues, dengan cara menyeimbangkan antara cost dan price dari berbagai produk/jasa yang kita miliki. Perusahaan yang selalu konsisten memaksimalkan revenues akan selalu menjadi pemimpin pasar karena selalu muncul dengan berbagai strategi kreatif dalam melakukan penetrasi pasar, pengembangan produk baru, pengembangan pasar serta diversifikasi produk/jasa.
 
Manfaat lain dari hasil marketing research adalah perusahaan dapat melakukan pengukuran key performance indicators,  tujuannya adalah agar perusahaan dapat meningkatkan kinerja internal sehingga perusahaan dapat secara cepat mengetahui pengendalian biaya dan efektivitas program yang dilakukan. Pilihan program pemasaran yang efektif dapat menghasilkan return yang cukup baik bagi perusahaan karena dapat memanfaatkan potensi pasar secara cepat dan optimal. Dampak peningkatan kinerja internal ini secara langsung dapat meningkatkan kinerja eksternal perusahaan sehingga secara keseluruhan kinerja perusahaan akan meningkat dimata stake holder.

Materi:

1.     Mengetahui kesalahan – kesalahan  serta mampu menyusun variable, indicator penting (KPI) marketing research  dan kuesioner melalui kegiatan marketing research untuk penetrasi pasar.
2.     Melakukan tabulasi, analisis dan interpretasi data hasil marketing research, cara pengukuran mengunakan program computer SPSS secara mudah dan cepat.
3.     Cara mengukur Key Performance Indicator Marketing Research dan strategi meningkatkan loyalitas pelanggan, relationship customer dan brand equity.
4.     Menganalisis persepsi konsumen dan mengukur perubahan perilaku konsumen terhadap produk/jasa yang diberikan.
5.     Analisis kinerja pesaing, berdasarkan indicator penting keunggulan bersaing.
6.     Analisis Segmentasi, Targeting dan Positioning (Perceptual Mapping untuk diferensiasi) menggunakan SPSS secara praktis.
7.     Menyusun action plan secara spesifik mengenai Penetrasi Pasar, baik mengenai marketing research lanjutan maupun marketing dan sales action plan lanjutan, untuk meningkatkan loyalitas konsumen, serta strategi membina hubungan jangka panjang dengan pelanggan dengan program – program pemasaran yang tepat.
 
Pelatihan ini didesain secara praktis dengan menggunakan studi kasus dengan data riil, mulai dari menentukan key performance indicators (KPI), menyusun riset yang berkaitan dengan indicator yang akan diukur, cara melakukan penetrasi pasar, cara menganalisis hasil riset, serta menyusun action plan untuk kegiatan marketing dan sales berdasarkan sasaran dan standar KPI yang sudah ditentukan.
 
Karakterisik perilaku konsumen di Indonesia, sangat cepat berubah dan pembosan. Contohnya banyak produk/jasa yang booming sebentar tetapi cepat mati. Untuk mengatasi masalah ini diperlukan marketing research untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi secara terus menerus. Tujuannya agar lebih kreatif dan tetap menjaga loyalitas konsumen. Program pemasaran untuk produk/jasa yang didukung oleh konsumen yang loyal akan menciptakan gelombang besar menjadi trendsetter.
 
 
Target Peserta
Direktur pemasaran, General manager, Manager pemasaran, Pengembangan Bisnis, Research & Development dari beragam industry serta profesional yang terkait dengan kegiatan marketing dan penjualan serta pengembangan bisnis.
 
PELATIHAN INTENSIF DUA HARI  (Batch ke 41)
PRACTICAL MARKETING RESEARCH untuk Penetrasi Pasar: Implementasi ke dalam program pemasaran dan  Key Performance Indicators
 
Jakarta, 12 & 13 Juni 2014
 
 
Pembicara: Dr. Freddy Rangkuti MSc (MD. Frai Marketing)
Dengan mengikuti pelatihan intensif ini peserta akan mendapat dua keuntungan sekaligus yaitu:
  1. Dapat membuat powerful marketing research untuk penetrasi pasar secara cepat
  2. Dapat mengimplementasikan hasil marketing research untuk menyusun program pemasaran dengan Key Performance Indicators
Peserta akan memperoleh training kit, sertifikat, 2 x coffee break dan 1 x lunch setiap harinya, dan Free Membership FRAI Marketing Community selama satu tahun dengan fasilitas Free E-books, Free Consultation dan Free International Journal.
 
Informasi Lebih Lanjut, Hubungi:
Global Media dengan Ir. Hani Siti Haniah
Telp. 021 - 45844790; 0818 88 2451; 0813 1072 0661
Fax: 021 - 8430 9639


-- 
Dr. Freddy Rangkuti, MSc


(seminar Pemasaran, Markeing, DR. Freddy Rangkuti, MSc)
(Agtov, BSI, STIE Kusuma Negara, UHAMKA, STMIK Muhamaddiyah, STIE Muhamaddiyah, LP3I, AMIK MAPAN)